Kamis, 10 Mei 2018

Tips Fitness Membentuk Otot

Latihan memperbesar otot berbeda dengan latihan memperkuat tubuh atau meningkatkan stamina. Berikut beberapa hal yang perlu Anda praktikkan saat latihan mempertebal otot.


  • Lemaskan Otot Trisep
Setiap kali Anda melakukan gerakan bicep curl, otot trisep juga tertempa yang biasanya membatasi daya tahan otot bisep. Jadi, saat Anda ingin menempa dan menambah ukuran bisep Anda, sempatkan melakukan peregangan dulu untuk melemaskan otot trisep.
  • Kontraksi Simultan
Kencangkan otot sepanjang latihan beban sehingga otot Anda kian lebih besar. Cara ini akan mempercepat pembentukan otot.
  • Ambil Jeda Saat Bench Press
Ini ialah cara yang tak boleh dilewatkan saat Anda ingin membesarkan otot dada dan lengan. Di mana saat menurunkan beban ke dada, tahanlah diposisi itu selama satu detik sebelum Anda mengangkatnya lagi.
  • Tahan Beberapa Detik
Bila Anda suka melakukan bench press atau reverse curl press saat latihan, cobalah berhenti beberapa detik begitu Anda berhasil mengangkat beban ke atas kepala. Langkah itu akan memberi tekanan lebih pada otot sehingga berkembang lebih maksimal.
  • Kurangi Beban
Sekali-kali saat latihan, cobalah meletakkan sebagian beban saat melakukan bench press atau deadlift. Sebagai gantinya, perbanyak jumlah repetisi menjadi dua kali lipat. Pastikan Anda melakukannya dengan benar untuk bisa merangsang otot.
Misalnya, saat Anda melakukan dumbbell curl, pastikan Anda memakai kontraksi dari otot bisep Anda saat mengangkatnya, tidak dengan memanfaatkan momentum ayunan.
  • Tambahkan Alas Pada Handel
Saat Anda menggunakan dumbbell sebagai salah satu latihan beban, tambahkan alas untuk menambah diameter handel sehingga Anda tidak bisa menggenggam penuh handel dumbbel. Genggaman yang tidak penuh akan memaksa kita mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga otot akan lebih cepat besar.
  • Lakukan Superset
Cobalah teknik superset saat melakukan stiff-leg deadlifts. Gerakan ini efektif untuk memperbesar punggung bawah dan paha belakang, sekaligus membantu meluruskan tulang belakang saat Anda melakukan squat.
Teknik ini juga akan merangsang produksi hormon anabolik, hormon pembentukan jaringan sel – termasuk sel otot.
  • Kualitas tidur
Ini langkah yang tak kalah vital dalam program pembentukan otot. Ketika Anda sedang mencoba membentuk otot menjadi lebih besar, pastikan Anda mendapat waktu cukup tidur.

Ulasan

Selain karena saat tidur sel otot yang rusak mempunyai waktu untuk beregenerasi, kekurangan jam tidur juga bisa menghilangkan kekuatan dan massa otot tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar